Custom Search

ANAK SULUNG CENDERUNG JANTUNGAN

Posted by info for us

Kategori info kesehatan

Mungkin ini bisa disebut sebagai kabar buruk! Anak sulung ternyata berisiko tinggi menderita penyakit jantung. Bukan mau menakut-nakuti, tapi begitu kesimpulan dari penelitian yang pernah dilakukan di Milan, Italia. tahun 2001, seperti diungkap NewScientist.com. Soal penyebabnya kenapa, tim peneliti tidak menjelaskan.

Dari penelitian terhadap 348 orang yang sedang berobat jantung, hasilnya 46, 7% pasien jantung adalah anak sulung dan angkanya dua kali lipat dibandingkan dengan keseluruhan populasi. Meski anak sulung dan bukan sulung mempunyai faktor risiko sakit jantung sama, namun ternyata faktor anak tertua yang lebih menentukan.

Maurizio Ferrantini, kepala penelitian tersebut menduga perbedaan psikososial jadi penyebabnya. Keluarga cenderung menekan anak sulung untuk selalu sempurna, bisa memutuskan sesuatu, selalu jadi pemenang, dan agresif. Orang dengan sifat-sifat seperti itu diketahui cenderung terkena gangguan jantung.

Namun Craig Haslop dari British Heart Foundation menyanggah, karena tak ada bukti hubungan sifat tersebut dengan stres atau bagaimana orang-orang tersebut menjinakkan stres. Kemungkinan, kata Haslop, anak sulung lebih cenderung untuk tidak makan makanan yang tepat dan hidupnya cenderung bergelimang stres. (I, April 08, h. 103-109 T. T.W.)

Artikel yang Berhubungan



0 comments:

Posting Komentar

Template by : Kendhin x-template.blogspot.com