Custom Search

Bisakah OPTIMISME Meningkatkan Kesehatan Anda | info for us

post by info for us

info kesehatan

Beberapa Saran Untuk Bersikap Lebih Optimistis
- Sewaktu Anda berfikir bahwa Anda tdk akan bisa menikmati sesuatu atau tdk akan suk-
ses melakukan suatu tugas, tampiklah pikiran itu. Berfokuslah pada hal positif yg akan
dihasilkan.
- Berupayalah menikmati pekerjaan Anda. Tidak soal pekerjaan Anda, carilah aspek2 yg
menyenangkan Anda.
- Carilah teman2 yg memandang kehidupan dg positif.
- Hadapilah situasi yg dpt Anda kendalikan; berupayalah menerima situasi yg tdk dpt Anda
kendalikan.
- Setiap hari, catatlah tiga hal baik yg Anda alami.


"Hati yg gembira adalah obat yg manjur," tulis seorang raja yg bijaksana kira2 3.000 tahun yg lalu. Dewasa ini, para dokter mengakui hikmat kata2 terilham tsb. Namun, "hati yg gembira" mungkin bukan sifat bawaan sebagian besar di antara kita.
Sedikit orang sanggup menghindari tekanan hidup sehari2 yg dpt membuat orang frustasi dan berpandangan pesimistis. Namun, penelitian baru2 ini menunjukkan bahwa kendati ada kesukaran, memupuk sikap optimistis bermanfaat.
Optimisme digambarkan sebagai "sikap selalu mempunyai harapan baik dalam segala hal; kecenderungan untuk mengharapkan hasil yg menyenangkan". Sewaktu mengalami kegagalan, bagaimana perasaan seorang optimis? Ia tidak menganggap kegagalan itu bersifat permanen. Tidak berarti bahwa ia enggan menerima kenyataan. Sebaliknya, ia menerima dan memeriksa masalahnya. Lalu, sejauh keadaan memungkinkan, ia bertindak untuk mengubah atau memperbaiki situasi.
Di pihak lain, seorang pesimis seringkali menyalahkan diri sendiri atas kesengsaraannya. Ia menganggap bahwa kemalangan bersifat permanen dan hal itu terjadi karena kebodohan, ketidakmampuan, atau kejelekannya. akibatnya, ia pasrah dan tidak mau berupaya.
Apakah optimisme mempengaruhi kesehatan dan kesejahteraan kita? Ya, memang. Dalam sebuah penelitian selama 30 tahun atas 800 pasien oleh klinik Mayo, Rochester, Minnesota, AS, para ilmuwan mendapati bahwa seorang optimis lebih sehat dan lebih panjang umur daripada orang lain. Para peneliti juga memperhatikan bahwa orang yg optimistis lebih sanggup menghadapi stress dan lebih kecil kemungkinannya mengalami depresi.
Namun, sangatlah tdk mudah untuk bersikap optimistis dalam dunia yang semakin sarat problem. Tidak mengherankan, banyak orang merasa sulit untuk berfikiran positif. Apa yg dpt dilakukan utk menanggulangi problem tsb? Dalam kotak sisipan, ada beberapa saran yg bisa membantu Anda.
Meskipun hati yg gembira bukan obat utk segalanya, kehidupan yg lebih sehat dan lebih memuaskan dpt dihasilkan. "Hari orang berkesusahan buruk semuanya, tetapi orang yg gembira hatinya selalu berpesta."

* Daftar di atas sebagian besar berdasarkan publikasi yg dibuat oleh Klinik Mayo.

Sonny

Artikel yang Berhubungan



0 comments:

Posting Komentar

Template by : Kendhin x-template.blogspot.com