Custom Search

Cara Buat Pikiran Tetap pada Jalur | info for us

post by info for us

info kesehatan


Agar pikiran kita tetap pada jalur dan fokus tentu memerlukan upaya yg terus menerus dan kadang2 melelahkan, perasaan bosan, kecil hati dll cenderung mematahkan semangat.
Untuk itu kita perlu mengetahui ada apa dgn pikiran kita, sebuah referensi mengatakan : "musuh yg terbesar manusia adalah pikirannya sendiri". atau dengan kata lain "keinginan yg tanpa batas".
Bersyukurlah bila Anda seorang yg religius ada satu komunikasi yg tanpa batas: "sampaikan lah kekhawatiranmu kepadaNya dengan tulus hati, dan Dia akan melapangkan jalanmu", kata sebuah referensi lebih lanjut.

Cara Buat Pikiran Tetap pada Jalur
Penulis : Ikarowina Tarigan


Foto : www.oprah.com/images
Jangan sepelekan masalah stres dan depresi. Depresi dan kelainan emosional lainnya sama pentingnya dengan masalah kesehatan lainnya. Berikut beberapa cara menjaga pikiran Anda tetap dibawah konrol:

Bicarakan

Untuk mengurangi efek depresi, obat termanjurnya bukanlah pil dalam botol, tetapi pastikan bahwa Anda tidak mengunci diri Anda dalam botol.

Terapi bicara selama 6 minggu bisa mengurangi 60-70% depresi, bahkan bisa sampai 90% jika dipadukan dengan obat. Terapi in bekerja dengan melepaskan zat kimia yang membuat kita merasa lebih nyaman, termasuk oxytocin.

Satu cara yang paling efektif untuk mengatasi depresi adalah dengan melakukan terapi kognitif tingkah laku (cognitive behavioral therapy). Terapi ini dibatasi dari 10-20 sesi, dan terapi ini membantu Anda mengetahui bagaimana pikiran Anda membawa dampak pada gejala-gejala yang Anda alami, serta menawarkan perubahan yang dapat Anda lakukan terhadap lingkungan, respon terhadap lingkungan, serta cara berpikir Anda.

Terapi ini tidak mengajarkan bagaimana Anda harus merasakan sesuatu, tetapi mengajarkan Anda cara agar tetap rileks bahkan saat Anda menghadapi masalah, sehingga Anda dapat mencari cara untuk mengatasinya dan cara agar bisa merasa lebih baik. Karena itu, biasanya para praktisi bertanya lebih banyak dari pada membuat pernyataan.

Tetapi, membicarakan masalah dengan pasangan Anda, teman, atau sopir taksi saja juga sudah membantu.

Karena perempuan cenderung berbicara lebih banyak dari pada laki-laki, maka perempuan mendapat zat kimia otak yang lebih banyak untuk membantu mengatasi depresi.

Say Yes to
Nenas

Mengkonsumsi nenas setiap hari dapat memfasilitasi percakapan silang antara sel-sel otak dengan efek dari neurotransmitter tertentu seperti serotonin dan isyarat-isyaratnya. Kedua efek ini menunjukkan bahwa mengkonsumsi nenas setiap hari membuat Anda tidak perlu mengunjungi ahli terapi karena nenas bisa mengatasi depresi minor. Selain itu, nenas juga merupakan sumber diet yang kaya antioksidan.


Olahraga

Jika Anda tidak biasa berolahraga, maka Anda akan sedikit depresi saat memulainya. Akan tetapi, olahraga terbukti lebih efektif dari pada antidepressant dalam mengurangi depresi mayor (utama).

Olahraga memicu produksi endorphin. Selain itu, rasa pemenuhan diri yang muncul seiring dengan olahraga yang teratur juga membantu mengatasi depresi. Kadang-kadang aksi harus mendahului motivasi, karena itu bagi Anda yang depresi sebaiknya berolahraga dulu untuk menggerakkan mesin motivasi dalam diri Anda.

Yoga, pada faktanya, sering dikaitkan dengan gejala-gejala penurunan depresi dan peningkatan mood. Hal ini mungkin karena tarikan nafas dalam yang dilakukan selama melakukan yoga. Dengan cara yang sama, secara spiritual juga berkaitan dengan pengurangan depresi.

Menjauhlah dari Alkohol

Banyak orang menenangkan hati dengan minum minuman dingin dari kulkas tetapi ada juga dengan meminum alkohol. Pastikan bahwa Anda atau seseorang yang Anda cintai tidak sampai ketergantungan dengan alkohol yang merupakan topeng dari depresi.

Gunakan daya imajinasi Anda

Cara ini bisa membuat Anda merasa lebih baik serta meningkatkan kemampuan mengatasi depresi, memperbaiki mood, dan mengurangi stres.

Pergilah ke tempat yang tenang. Mulailah dengan merilekskan tubuh dan tarik nafas dalam-dalam, kemudian visualisasikan diri Anda dalam situasi yang berbeda-beda. Variasinya bisa dengan memvisualisasikan diri di tempat yang Anda suka (pantai mungkin), melawan penyakit (melihat sel-sel sistem kekebalan Anda melawan kuman penyakit) atau membayangkan diri Anda melakukan sesuatu hal yang hebat (melakukan hal yang besar dalam pekerjaan Anda).

Jika Anda merasa sakit, visualisasikan bagian yang sakit. Ikuti saraf dari bagian tersebut ke pusat otak Anda. Tanyalah tubuh Anda agar Anda bisa mengontrol rasa sakit itu, kemudian visualisasikan apa yang Anda inginkan.

Lihatlah cahaya

Orang-orang yang mengalami kelainan musiman, terbukti merasa lebih baik saat mereka terekspose sinar UV selama 20 menit sehari. Setiap cahaya terang akan menghasilkan hal yang sama.

Beri waktu pada diri Anda sendiri

Para dokter diajarkan bahwa 6 bulan-1 tahun merupakan waktu berduka yang normal bila kehilangan orang yang dicintai. Jadi, mungkin wajar mengalami gejala-gejala depresi dalam fase ini. Tetapi, Anda sebaiknya jangan ragu menghilangkan rasa sakit dalam periode tersebut.

Ilusi juga juga normal saat berduka. Sebuah ilusi merupakan persepsi yang salah terhadap stimulus yang datang dari luar. Khayalan atau halusinasi tidak normal. Kuncinya adalah kembali menghadapi kenyataan meskipun banyak hal yang tidak menyenangkan yang harus dihadapi dalam hidup Anda.

Periksa diri Anda

Anda mengatakan bahwa dia bermasalah, dia mengatakan tidak ada yang salah dengan menggosok setiap gigi 24 kali dalam sehari. Bagaimana Anda membedakan nuansa dengan gangguan? Kriteria berikut akan membantu Anda membedakan apakah seseorang mempunyai kelainan personal.

Mereka mungkin memiliki kelainan jika tingkah mereka:

  • Tidak fleksibel, tidak perduli di situasi mana dia berada
  • Mencari masalah, di tempat kerja atau di kehidupan sosial
  • Tidak sama dengan kelainan mental lain yang biasa dialami
  • Bukan karena efek samping obat yang baru digunakan

Masuklah ke dalam satu komunitas dan carilah teman

Baik di internet atau bertemu langsung, berbicara dengan seseorang bisa membantu. Pada faktanya, berbicara dan berjalan 30 menit sehari adalah cara yang paling efektif dalam mengatasi dan mencegah depresi.

Menulislah menjelang tidur

Lalui setiap hari dengan penuh rasa syukur. Harapan-harapan yang tidak terpenuhi dapat membuat Anda sedih. Karena itu, cobalah menulis daftar terimakasih setiap harinya, menulis 3 catatan ucapan terimaksih benar-benar manjur menurunkan risiko depresi.

Saat Anda menulisnya, hidupkan musik sebagai latar belakangnya: penelitian menunjukkan bahwa musik dapat memperbaiki mood dan mengurangi depresi (satu studi juga menunkjukkan bahwa musik dapat meningkatkan detak jantung dan tekanan darah).

Jangan katakan "jangan"

Anda mungkin berpikir bahwa dengan memperingatkan seseorang agar jangan merokok, sudah cukup. Tetapi, otak Anda dapat melakukan hal yang lucu. Otak Anda, khususnya bagian yang mempengaruhi ketergantungan, insula Anda, mendengar "jangan merokok" dan bereaksi seolah mendengar "merokoklah."

Hal ini menstimulasi kecanduan akan rokok. Cara yang lebih baik saat Anda ingin membantu seseorang terlepas dari kebiasaan buruk akibat ketergantungan adalah dengan mengubah pesan. Daripada mengatakan "jangan merokok" lebih baik katakan "bernapaslah dengan bebas."
(*/www.oprah.com)

Artikel yang Berhubungan



0 comments:

Posting Komentar

Template by : Kendhin x-template.blogspot.com