Custom Search

Tips: "Bermanfaar Bagi Anda Memahami Garansi" | info for us

post by info for us

kategori

"KEPUASAN ANDA TERJAMIN." "Tidak puas? Uang kembali!" "Garansi seumur hidup." "Jaminan tidak terbatas." Ini hanya bbrp slogan yg digunakan para pemasang iklan utk memikat orang agar membeli barang atau produk2. Apakah janji2 tsb mengesankan Anda? Jika demikian, hati-hatilah!
Lynne Gordon dlm The Consumer's Handbook menjelaskan alasannya: "kata2 itu memiliki pancaran keamanan yg begitu kuat sehingga hanya sedikit dari para pembeli yg benar2 akan meneliti arti kata2 itu pada waktu membeli barang tertentu, dan baru belakangan mengetahui, sewaktu mereka mencoba menuntut manfaat jaminan itu, bahwa tdk ada garansi apa pun, atau bahwa jaminannya tdk termasuk perbaikan atau penggantian yg dibutuhkan." Memahami jaminan Anda sebelum membubuhkan tanda tangan dpt mencegah kekhawatiran, sakit hati, dan menyelamatkan uang Anda di kemudia hari.


Apakah Jaminan Itu?

Meskipun kata "garansi" sangat umum digunakan, apa yg sebenarnya dibicarakan adalah jaminan tertulis. Menurut Webster's Third New International Unabridged Dictionary, ini berarti: "Jaminan tertulis akan keutuhan suatu produk dan maksud baik pembuatnya terhadap si pembeli dan umumnya menerangkan dgn spesifik bahwa si pembuat utk suatu jangka waktu akan bertanggung jawab atas perbaikan atau penggantian bagian2 yg rusak dan kadang2 juga akan menyediakan servis berkala."
Garansi dpt melindungi Anda dari prakti2 bisnis yg licik atau curang dan penjual yg tdk jujur. Contohnya, bila seorang penyalur mobil menyatakan bahwa sebuah mobil bekas dalam keadaan sangat baik padahal kenyataan sebaliknya, pembeli akan mengajukan dia ke pengadilan. Karena pembeli dilindungi oleh garansi yg sdh semestinya ada, hakim akan memerintahkan agar penyalur mobil bekas itu mengembalikan uang si pembeli dua kali lipat harga belinya.

Pahamilah Jaminan Anda
Jaminan tertulis atau garansi mungkin tertera pada etiket atau label suatu produk atau mungkin dicetak pada bahan yg menyertai produk itu. Berikut ini bbrp istilah yg biasa digunakan:

JAMINAN LISAN - Jauh lebih sulit diberlakukan dari pada yg tertulis. Jadi, paling baik ialah agar semua jaminan dinyatakan secara tertulis meskipun kita tahu penyelur itu jujur.

JAMINAN PENJUAL
- Adalah janji dari pedagang utk memikul tanggung jawab atas kemampuan atau mutu produk yg ia jual. Garansi ini umumnya sudah termasuk atau tertulis dengan jelas.

IMPLIED WARRANTY
- (Garansi yg sudah semestinya) dianggap sudah tercakup dalam semua kontrak dgn konsumen. Garansi ini, kata buku You and The Law, "menjamin bahwa penyalur berhak menjual barang itu, bahwa barang itu secara umum sesuai dgn keterangan yg diberikan, bhw barang tsb dlm keadaan baik dan pada dasarnya cocok utk tujuan yg tercantum. "Contohnya, sebuah pemanggang roti hrs dpt memanggang roti. Karena janji tsb sdh termasuk, konsumen mungkin tdk mengetahui adanya jaminan itu. Suatu produk yg dijual "seadanya" tdk memiliki implied warranty.

EXPRESS WARRANTY
- (Garansi yg dinyatakan dgn jelas) berisi janji spesifik berkenaan kemampuan dan mutu barang. Ini biasanya tertulis. Express Warranty tdk dpt membatalkan garansi yg sudah ditentukan oleh hukum. seperti diterangkan dalam buku Consumer Right and Responsibilities, "suatu syarat atau jaminan yg dinyatakan dgn jelas mengikat si pembuat atau penjual (siapa pun yg memberikan janji) utk memegang janji/garansi mereka maupun, dan tdk sbg pengganti, janji2 yg telah diwajibkan oleh hukum."

GARANSI PABRIK
- Menjamin keadaan umum produk itu dan biasanya mencakup perjanjian utk memperbaiki kerusakan apa pun atas tanggungan pabrik selama suatu jangka waktu tertentu. Penting utk diingat, seperti diterangkan dalam buku You and The Law, bahwa "pengadilan enggan menuntut tanggung jawab pabrik berdasarkan garansi tertulis utk kerusakan atau servis apa pun yg tdk secara spesifik dan jelas dinyatakan dalam susunan kata2nya," Ingat juga bahwa kebanyakan produk memiliki jaminan yg terbaik utk bagian2 yg paling tahan lama. Bagian2 yg kemungkinan besar akan usang tdk bergaransi. Pastikan apa yg sebenarnya tercakup dlm garansi.
Beberapa orang memandang GARANSI TANPA SYARAT sebagai perlindungan yg terbaik. Garansi ini seharusnya "tanpa embel2." Tetapi, orang lain yakin bahwa semua jaminan mencakup syarat2 tertentu.

Waspadalah
Garansi dpt dgn mudah disalah-mengerti. Contohnya, "jaminan seumur hidup" tdk berarti berlaku selama umur hidup Anda. Sebaliknya, ini umumnya memaksudkan umur hidup produk itu selama Anda memilikinya. Bagaimana dgn istilah "kepuasaan anda terjamin"? Pengertiannya terlalu samar utk benar2 dpt dianggap suatu garansi.
Perhatikan baik2 agar Anda MEMBACA TULISAN CETAK HALUS sebelum menandatangani kontrak. Sering kali apa yg tampak dijamin dalam tulisan cetak tebal di bagian depan suatu perjanjian mungkin ditiadakan atau diubah oleh tulisan cetak halus di bagian belakang. Ya, memahami jaminan Anda sangat bermanfaat karena, seperti The Consumer's Handbook peringatkan, "tulisan cetak tebal memberi dan tulisan cetak halus mengambilnya."

(Disumbangkan sebagai informasi, tidak untuk berpolemik setuju atau tidak setuju)

Artikel yang Berhubungan



0 comments:

Posting Komentar

Template by : Kendhin x-template.blogspot.com