Custom Search

Sapi Puas, Susu Lebih Banyak


[Sumber : google image]




SAPI PUAS, SUSU LEBIH BANYAK



"Seekor sapi yang diberi nama menghasilkan lebih banyak susu daripada yang tidak punya nama," kata para ilmuwan di Newcastle University, Inggris. Malahan, dengan memperlakukan sapi-sapi secara individu produksi susu mereka bisa meningkat hingga hampir 280 liter setahun.

Mengapa? "Sama seperti manusia lebih senang dengan pendekatan yang bersifat pribadi, sapi-sapi juga lebih senang dan lebih santai jika mereka diberi sedikit lebih banyak perhatian pribadi," kata Dr. Catherine Douglas dari Fakultas Pertanian, Pangan dan Pengembangan Daerah Pedesaan.

Hasil penelitian kami memperlihatkan apa yang telah lama diyakini oleh banyak petani yang baik dan penuh perhatian," jelasnya. "Dengan memberikan lebih banyak perhatian secara individu, seperti memanggil sapi itu dengan namanya atau lebih sering berinteraksi dengan binatang itu seraya mereka bertambah besar, kita tidak hanya dapat meningkatkan kesejahteraan binatang itu dan persepsinya tentang manusia, tetapi juga meningkatkan produksi susu mereka."



[Sumber : Atas kebaikan "Sedarlah!", Rubrik : "Mengamati Dunia", Mei 2010, h. 30]


Artikel yang Berhubungan



0 comments:

Posting Komentar

Template by : Kendhin x-template.blogspot.com