Custom Search

Menikah Atau Tidak Sama Saja

Menikah Atau Tidak Sama Saja





image

Bagi sebagian besar orang, menikah adalah melengkapi hidup. Dengan menikah, seseorang akan memiliki teman hidup yang bisa diajak berbagi beban dan kebahagiaan. Namun, potret indah pernikahan itu hanya berlaku bagi mereka yang memiliki kehidupan pernikahan bahagia. Mereka yang tidak bahagia dalam pernikahan, justru merasa terjebak seumur hidup.

Pro-kontra pernikahan itu, ditanggapi serius oleh Jamila Bookwala, guru besar tamu di Laffayette College, AS. Bookwala menyimpulkan, menikah atau tidak, tidak terlalu berpengaruh terhadap kemampuan seseorang mengatsi persoalan hidup.

"Bila Anda melihat orang-orang yang tidak menikah yang memiliki keahlian tinggi dan kemandirian yang tinggi mereka sebenarnya mempunyai kesejahteraan emosional lebih baik ketimbang orang-orang yang menikah," kata Bookwala.

Untuk studinya, Bookwala memakai data dari National Survey of Midlife Development AS dan mempelajari jawaban yang diberikan oleh lebih dari 1.500 warga berusia 40-74 tahun.

Temuan Bookwala, antara lain, orang yang tidak pernah menikah memang menunjukkan tingkat kesejahteraan emosional, secara keseluruhan lebih rendah ketimbang yang menikah. Namun dalam hal sumber daya psikologis, kedua kelompok ini berimbang.

(Pause/dila)



(Sumber : www.suaramerdeka.com)

Artikel yang Berhubungan



0 comments:

Posting Komentar

Template by : Kendhin x-template.blogspot.com