Custom Search

Ukuran Tubuh Pengaruhi Risiko Penyakit

Ukuran Tubuh Pengaruhi Risiko Penyakit

Berikut beberapa ukuran organ dan kemungkinan penyakit yang bisa menyertainya.


Sabtu, 16 Januari 2010, 07:26 WIB
Petti Lubis, Anda Nurlaila



Pijat Tangan (studiomassage.com)

VIVAnews - Ukuran dan bentuk tubuh ternyata menyiratkan kondisi kesehatan seseorang. Berbagai penelitian menunjukkan bentuk dan ukuran organ tubuh menentukan risiko penyakit yang diderita.

Berikut 4 dari 8 ukuran organ dan kemungkinan penyakit yang menyertainya.

1. Indeks Jari
Wanita dengan indeks jari tengah lebih pendek daripada jari manis beresiko terkena osteoarthritis lutut. Sebuah studi yang dipublikasikan 'Journal Arthritis and Rheumatism' 2008 lalu menemukan pria yang kekurangan hormon estrogen kemungkinan terserang osteoarthritis.

Untuk menghindarinya, ahli menyarankan agar melakukan latihan yang memperkuat otot-otot di sekitar lutut. Saat duduk, luruskan kaki ke lantai dan tahan 5-10 detik. Lakukan berulang-ulang.

2. Ukuran kaki
Orang yang memiliki kaki lebih pendek, memiliki resiko terkena penyakit liver. Studi yang dilakukan 2008 dalam 'Journal of Epidemiology and Community Health' di Inggris membuktikan wanita dengan panjang kaki 20-29 inchi memiliki empat enzim yang memicu penyakit liver.

Faktor nutrisi kemungkinan tidak hanya berpengaruh pada pertumbuhan saat kanak-kanak tetapi hingga masa dewasa.

Agar menghindari risiko tersebut, peneliti menyarankan agar menghindari menghirup racun dan hidup sehat. Gunakan masker saat bekerja dengan zat yang mengandung gas dan bahan kimia.

3. Hidung
Orang dewasa yang tidak dapat membedakan bau buah-buahan seperti pisang, jeruk, kayu manis memiliki risiko lima kali lebih tinggi terkena Parkinson empat tahun ke depan. Hasil ini berdasarkan studi dalam Jurnal Annals of Neurology.

Peneliti mempercayai ada area di otak yang mempengaruhi terjadinya Parkinson. Sebagai pencegahan, minum suplemen minyak ikan kaya omega 3 yang melindungi otak dari Parkinson.

4. Ukuran Lengan
Jika Anda memiliki lengan terlalu pendek sehingga sulit menjangkau tempat tinggi, sebaiknya berhati-hati. Penelitian 2008 lalu menyebutkan wanita yang lengannya lebih pendek dari ukuran normal berisiko 1,5 kali lebih besar terkena Alzheimer.

Agar tetap menjaga kesehatan ingatan Anda, kerjakan hobi yang memperkuat daya ingat seperti melukis atau mengisi teka-teki silang atau puzzle. Penelitian menunjukkan orang yang menghabiskan hobi yang berhubungan dengan otak mencegah terjadinya Alzheimer 2,5 kali dibandingkan yang tidak beraktivitas.

Ingin melihat ukuran tubuh lainnya yang pengaruhi risiko penyakit, klik di sini!

• VIVAnews

Artikel yang Berhubungan



0 comments:

Posting Komentar

Template by : Kendhin x-template.blogspot.com