Custom Search

Meniru Rancangan Yang Menakjubkan Dari Kehidupan

Girl with butterfly

Meniru Rancangan Yang Menakjubkan Dari Kehidupan

Birds



Balita sering kali terjatuh dan kepalanya terbentur. Anak-anak yang lebih besar biasanya jatuh dari pohon dan sepeda. Para atlet sering bertabrakan di lapangan. Pengemudi mengalami kecelakaan yang tak terhitung banyaknya. Namun, sekalipun kita terjatuh, terbentur, dan tertabrak, sering kali kita tidak sampai mengalami cedera serius. Kita pun cenderung menyepelekan ketangguhan dan daya tahan tubuh kita. Tetapi, sebagaimana mulai diketahui para ilmuwan, dari tulang hingga kulit, kita adalah hasil rancangan yang benar-benar cemerlang.





SEBENARNYA, perpaduan kekuatan dan ketangguhan—dengan berat yang relatif ringan—dapat terlihat di alam. Anak pohon yang lunak menembus retakan beton dan cadas, mendesak retakan itu hingga jebol seraya ia tumbuh menjadi pohon yang subur. Selanjutnya, pohon dapat bertahan melawan angin yang menumbangkan tiang listrik dan menghancurkan rumah-rumah. Burung pelatuk melubangi kayu sedemikian rupa sehingga kepala mereka mendapat tekanan yang dapat melumatkan otak biasa. Kulit buaya dan aligator dapat membuat tombak, anak panah, dan bahkan peluru terpental. (Bandingkan Ayub 41:1, 26.) Hal-hal seperti ini telah mencengangkan manusia selama ribuan tahun.

Selama 40 tahun terakhir, kemajuan besar dalam bidang teknologi telah memberi para ilmuwan peralatan-peralatan baru yang sangat ampuh untuk meneliti rahasia di balik rancangan-rancangan ini, yang sebagian besar tersembunyi jauh di dalam sel hidup. Pada skala mikroskopis ini, kualitas rancangan itu benar-benar memesona dan mencengangkan dalam hal kerumitannya. Akan tetapi, tujuan sains bukan sekadar untuk menyingkapkan rahasia di balik material-material alam yang menakjubkan, melainkan untuk menirunya—setidaknya dari prinsip umumnya. Bidang penelitian ini memberi harapan yang sedemikian besar sehingga terciptalah sebuah ilmu sains baru yang disebut biomimetika, dari kata Yunani bios, berarti ”kehidupan”, dan mimesis, berarti ”tiruan”.

Biomimetika Menjanjikan Suatu Dunia yang Lebih Baik

”Biomimetika adalah ilmu yang meneliti struktur biologis [dan] fungsi-fungsinya,” jelas buku Biomimetics: Design and Processing of Materials. Buku ini menambahkan bahwa bidang ilmu ini bertujuan ’merangsang gagasan-gagasan baru dan mengembangkannya menjadi sistem sintetis yang mirip dengan yang ada pada sistem biologis’.

Ilmuwan Stephen Wainwright mengatakan bahwa ”biomimetika akan mencakup biologi molekuler dan menggantikannya sebagai ilmu sains biologis yang paling penting dan menantang pada abad ke-21”. Profesor Mehmet Sarikaya menyatakan, ”Kita sedang berada di ambang suatu revolusi material yang akan sebanding dengan Abad Besi dan Revolusi Industri. Kita sedang melompat menuju suatu era baru dalam hal material. Dalam abad berikutnya, saya kira biomimetika akan banyak mengubah cara hidup kita.”

Sebenarnya, biomimetika telah mulai mengubah dunia ini, sebagaimana akan kita lihat. Tetapi, pertama-tama, marilah kita melihat sekilas beberapa hal mengagumkan yang belum dipahami namun sedang diteliti oleh para ilmuwan. Kita juga akan memeriksa implikasi di balik kata ”rancangan” yang menggugah pikiran kita, dan melihat bagaimana hal ini memberi arti bagi dunia menakjubkan di sekeliling kita.


Lihat juga artikel yg berkaitan :

  • Belajar Dari Rancangan Alam
  • Perancang Agung Disingkapkan



Sumber :

Appeared in Awake! January 22, 2000
Copyright © 2006 Watch Tower Bible and Tract Society of Pennsylvania. All rights reserved.

Artikel yang Berhubungan



0 comments:

Posting Komentar

Template by : Kendhin x-template.blogspot.com