Custom Search

Sup Tomat Lezat Di Musim Hujan

Sup Tomat Lezat di Musim Hujan



Penulis : Yulia Permata Sari



Sup Tomat Lezat di Musim Hujan

ifood.tv


TOMAT merupakan buah yang kaya akan nutrisi sekaligus berperan sebagai antioksidan alami. Buah tomat mengandung berbagai jenis vitamin seperti vitamin A, vitamin C, mineral, serat, serta senyawa fitonutrien. Selain itu, kandungan likopen di dalam tomat terbukti efektif sebagai penangkal radikal bebas dan dapat menurunkan risiko kanker terutama kanket prostat, lambung, tenggorokan, dan usus besar.

Melihat segudang manfaat yang terkandung di dalam tomat, tidak heran jika buah satu ini sering digunakan sebagai bahan masakan sehari-hari. Bagi yang ingin merasakan manfaatnya, coba resep sup lezat berbahan baku tomat yang sangat pas disajikan hangat-hangat di musim hujan berikut ini.

Bahan-bahan:
- 1 kaleng (14 ons) tomat
- 3/4 cangkir minyak zaitun (virgin olive oil)
- garam secukupnya
- 1 batang seledri, cincang
- 1 batang worter kecil, potong-potong
- 1 siung bawang bombay, cincang
- 2 siung bawang putih, iris tipis
- 1 cangkir kaldu ayam
- 1 lembar daun salam
- 2 sendok makan margarin
- 1/4 cangkir daun kemangi, cincang
- 1/2 cangkir krim, jika suka

Cara membuat:
1. Panaskan oven hingga bersuhu 230 derajat Celcius.

2. Saring tomat kalengan, sisihnya airnya. Cincang potongan tomat lalu letakkan ke atas loyang. Bumbui dengan merica dan garam sesuai selera, perciki dengan 1/4 cangkir minyak zaitun dan panggang sekitar 15 menit sampai membentuk karamel.

3. Sementara itu, dalam sebuah panci panaskan sisa minyak zaitun di atas api sedang. Tambahkan seledri, wortel, bawang bombay dan bawang putih, masak sampai empuk sekitar 10 menit. Setelah itu, masukkan potongan tomat yang sudah menjadi karamel, air tomat, kaldu ayam, daun salam dan margarin. Didihkan sekitar 15-20 menit sampai sayuran menjadi sangat lembut. Tambahkan kemangi dan krim. Setelah itu, hancurkan menggunakan blender sampai benar-benar lembut. Sup tomat lezat siap dihidangkan. (OL-08)



(Sumber : www.mediaindonesia.com)




Komentar :


Ini soup lezat dan sehat, apalagi kandungannya banyak dgn tomat, dan tomat ini sangat bagus utk laki2, bisa melindungi para pria dari penyakit prostat dan lagi kandungan tomat juga bisa melindungi Anda dari penyakit kanker, lebih disarankan pilihlah tomat yg organik, tentu ini lebih sehat.

Apalagi pakai minyak zaitun yg bisa bikin awet muda dan sehat untuk jantung kita (diet ala mediterania) dan minyak zaitu juga bisa melindungi Anda dari penyakit batu empedu.

Memang hidup itu nikmat, ada yg bilang bahwa : "manusia hidup untuk makan" dan juga ada istilah lain bahwa : "manusia makan untuk hidup", mana yg Anda pilih ha ha ha.......



Sonny H. Sayangbati

Artikel yang Berhubungan



0 comments:

Posting Komentar

Template by : Kendhin x-template.blogspot.com