Custom Search

Makanan Sahabat Kolesterol



Makanan Sahabat Kolesterol


Alpukat, salah satu makanan yang tidak mengandung kolesterol (Foto: Corbis)

KOLESTEROL dalam tubuh dapat menyebabkan berbagai penyakit. Karena itu dari berbagai kalangan, tua-muda, gemuk-kurus, harus berusaha menjalani pola hidup yang sehat agar bisa menjaga kolesterol dalam darah dalam kondisi normal.

Salah satu cara menjalani gaya hidup sehat ialah dengan menghindari mengonsumsi makanan yang tidak mengandung kolesterol. Inilah beberapa jenisnya:


Kacang kedelai

Untuk mengurangi kadar kolesterol dalam darah, gunakan produk-produk dengan berbahan dasar kedelai, seperti tahu, tempe, susu kedelai, tofu. Kandungan lemak tak jenuhnya sangat baik untuk menjaga jantung agar tetap sehat.

Kacang-kacangan

Tidak ada makanan lain yang mengandung serat tinggi serta rendah kolesterol secara bersamaan selain kacang-kacangan. Mengonsumsi secangkir kacang (segala jenis kacang) dapat menurunkan kadar kolesterol sebanyak 10 persen selama enam pekan. Kandungan soluble fiber ini juga banyak terkandung dalam beras merah, apel, gandum, dan beberapa jenis buah-buahan dan sayuran.

Ikan salmon


Sudah banyak penelitian yang membuktikan bahwa beberapa jenis lemak dapat mencegah tingginya kadar kolesterol. Asam lemak Omega 3 adalah salah satunya, yang banyak terkandung dalam ikan salmon. Untuk memperbanyak asam lemak Omega 3, selain dari salmon, Anda bisa memilih ikan herring, makarel, sarden, atau tuna.

Alpukat


Alpukat merupakan salah satu sumber lemak tak jenuh tunggal yang sehat untuk jantung. Jenis lemak inilah yang meningkatkan kadar HDL dalam darah yang sangat baik untuk kolesterol dan rendah LDL yang memicu tingginya kolesterol dalam darah.

Meski baik bagi kesehatan, alpukat ini sangat kaya akan kalori. Untuk menyiasatinya, kombinasikan alpukat dengan makanan lain yang kaya akan rempah.

Bawang putih


Bawang putih sudah dikenal sejak ribuan tahun lalu di berbagai kultur di dunia. Orang Mesir kuno percaya bahwa dengan mengonsumsi bawang putih dapat meningkatkan stamina. Kini, bawang putih dipercaya dapat menurunkan kadar kolesterol, mengurangi tekanan darah tinggi, dan menjaga tubuh dari infeksi.

Bayam


Bayam kaya akan kandungan lutein, pigmen berwarna kuning yang banyak ditemukan pada daun sayuran hijau dan kuning telur. Lutein sudah sangat dipercaya dapat melawan age-related macular degeneration, yang menjadi penyebab kebutaan.

Bayam merupakan sumber lutein tertinggi. Konsumsilah bayam setiap hari untuk mencegah serangan jantung dan stroke.

Teh

Teh disajikan dalam kondisi hangat ataupun dingin tetap mengandung antioksidan yang sangat tinggi. Sudah banyak penelitian yang membuktikan bahwa teh dapat menjaga syaraf tubuh dalam kondisi yang rileks dan mencegah darah menggumpal. (soniawibisono.com)
(Koran SI/Koran SI/nsa)


Artikel yang Berhubungan



0 comments:

Posting Komentar

Template by : Kendhin x-template.blogspot.com