Custom Search

Tawa Cerminan Emosi Universal

Tawa Cerminan Emosi Universal



Penulis : Ikarowina Tarigan


Tawa Cerminan Emosi Universal

diy-stress-relief.com

TERTAWALAH dan dunia akan ikut tertawa dengan Anda. Pernyataan ini bukan hanya gurauan belaka. Studi yang dilakukan para peneliti dari University College London mengungkap bahwa tawa merupakan bahasa universal dari emosi dasar yang dimiliki setiap orang.

Berdasarkan temuan studi, orang-orang dari Inggris dan salah satu suku terisolasi di Afrika sama-sama bisa mengenali emosi dasar seperti senang, marah, takut atau sedih hanya melalui suara, seperti tawa. Padahal mereka mempunyai budaya dan bahasa yang sangat berbeda.

"Hal ini menunjukkan bahwa emosi-emosi ini dan cara pengucapannya sama di seluruh kebudayaan manusia," tutur peneliti Sophie Scott, seperti dikutip situs webmd.com.

Emosi dasar

Dalam studi yang dipublikasikan di Proceedings of the National Academy of Sciences ini, para peneliti melibatkan partisipan dari Inggris dan suku Himba (yang hidup di sebuah area terpencil di bagian utara Namibia). Suku Himba hidup dengan cara yang sangat tradisional. Mereka manfaatkan air sungai serta belum mengenal listrik dan pendidikan.

Kedua kelompok diminta mendengarkan cerita pendek berdasarkan emosi tertentu. Sebagai contoh, cerita yang menggambarkan kesedihan akibat keluarga yang meninggal.

Di akhir cerita, para partisipan mendengar dua suara, seperti tangisan atau tawa. Mereka diminta mencocokkan suara dengan emosi yang digambarkan dalam cerita. Kelompok partisipan dari Inggris mendengar suara yang dibuat oleh Himba dan sebaliknya.

Hasil menunjukan bahwa suara tawa khususnya sangat dikenali oleh masyarakat dari dua budaya yang berbeda tersebut. Pendengar dari kedua kelompok setuju bahwa tawa merujuk pada perasaan senang, seperti perasaan saat digelitik.

"Gelitikan membuat setiap orang tertawa, bahkan juga pada hewan," terang peneliti Disa Sauter."Hal ini juga terjadi pada primata dan mamalia." Temuan ini, lanjut Sauter, menunjukkan bahwa tawa mempunyai akar evolusi yang dalam.

Selain tawa, suara emosi lainnya yang dikenal secara luas adalah kemarahan, ketakutan, kesedihan, keterkejutan, dan kegembiraan. (IK/OL-5) (Media Indonesia)


Artikel yang Berhubungan



0 comments:

Posting Komentar

Template by : Kendhin x-template.blogspot.com